maii

Masker Alami untuk Wajah

Posted on: 30/09/2011

Setiap salon kecantikan dan spa biasanya menawarkan perawatan kulit tubuh dan wajah dengan masker bermerk yang kualitasnya memang patut diacungi jempol. Masker memang sangat efektif untuk mengembalikan kesegaran dan mengencangkan kulit yang dalam kegiatan sehari-hari acapkali tersentuh radikal bebas. Iseng-iseng, cobalah tanyakan kepada staf salon atau spa tersebut kandungan-kandungan masker yang mereka berikan. Semuanya akan menuturkan bahan-bahan alami yang biasa anda konsumsi di meja makan. Tapi, produk-produk tersebut mengandung bahan pengawet tidak yah?

Mengapa anda tak luangkan waktu seperempat jam saja setidaknya dua minggu sekali untuk membuat masker sendiri dari bahan-bahan alami di rumah? Segarnya produk alami seperti coklat, stroberi dan timun akan menghindarkan anda dari risiko efek samping dari bahan kimia dan pengawet yang mungkin ada pada produk masker kemasan.

Sebelum anda menumbuk bahan-bahan alami itu dan membalurkannya di wajah anda, kenali terlebih dulu jenis kulit wajah anda. Contohnya, apakah kulit wajah anda berminyak? Bila ya, tentunya anda membutuhkan kandungan astringent yang menyegarkan seperti yang terdapat pada jeruk lemon atau teh hijau. Dan bukannya memasker wajah anda dengan avocado yang akan membuat wajah anda semakin berminyak karena kandungan lemaknya.

Anda juga sebaiknya menghindari risiko alergi terhadap beberapa bahan alami dengan mengoleskannya sedikit di kulit bagian tubuh lain seperti punggung atau tangan. Bila anda tak merasa gatal setelah setidaknya satu jam, pemakaian masker alami ini boleh dicoba. Dan jangan lupa, bersihkan wajah sebelum masker alami ini menyentuh kulit wajah anda.

 

Kulit Kering

Untuk kulit kering, anda bisa menjaga kelembaban kulit dengan masker alpukat, coklat, madu, dan lidah buaya.

Cairan lidah buaya tak saja ampuh mengembalikan kesuburan rambut, tapi juga melembutkan kulit wajah. Lidah buaya mengandung lignin, yakni selulosa yang mampu masuk dan meresap ke dalam kulit sambil mempertahankan kadar air di dalam kulit. Untuk kulit wajah yang kering, hal ini tentu menguntungkan. Anda cukup membalur cairan/ekstrak lidah buaya ini ke kulit wajah secara merata. Biarkan mengering hingga seperempat-setengah jam lalu bersihkanlah dengan air hangat.

Sementara itu, buah alpukat mengandung lemak yang menjaga kelembaban kulit kering. Kandungan asam amino dan antioksidannya akan mencegah penuaan dini berupa garis-garis halus di wajah. Anda bisa menumbuk daging alpukat hingga lumat dan menjadikannya masker. Tumbukan daging alpukat ini bisa juga dicampur dengan minyak zaitun atau aquadest.

Masker coklat dapat menjaga kelembaban dan elastisitas kulit, dengan antioksidan yang dapat mencegah kanker kulit. Ia juga bekerja sebagai eksfoliator, yakni mengangkat sel-sel kulit mati sehingga pancaran sehat dari sel kulit baru bisa anda miliki. Anda dapat menumbuk biji coklat dan mencampurnya dengan susu atau madu sampai sedikit kental hingga bisa dibalurkan ke kulit wajah.

Madu tak saja melembabkan kulit kering. Sifatnya yang antiseptic dapat mengenyahkan bakteri yang berpotensi menjadikan kulit wajah anda berjerawat. Anda hanya membutuhkan madu murni untuk dioleskan dan tunggu hingga kering sekitar lima belas menit, lalu basuhlah dengan air hangat hinga bersih. Untuk bibir kering dan pecah-pecah, sebaiknya oleskan madu di bibir setiap malam sebelum tidur.

 

Kulit Berminyak

Untuk kulit berminyak, anda perlu memakai masker dari bahan-bahan yang bersifat anti bakteri, antioksidan  dan mengencangkan seperti putih telur, teh hijau, dan timun.

Timun menyimpan air dalam dagingnya yang memberi efek dingin menyegarkan bagi kulit. Ia juga menetralisir kelebihan kadar minyak di kulit. Timun berfungsi sebagai toner sehingga kulit wajah akan terhindar dari jerawat dan komedo. Selain itu, ia kaya akan vitamin A, B dan C. Irisan buahnya sendiri sangat baik bila diletakkan di area mata. Irisan timun ini akan menyegarkan area mata dan mengurangi bayangan gelap dan sembab. Paling cocok bila masker timun diaplikasikan setelah bergadang karena pesta atau bekerja lembur.

Akhir-akhir ini teh hijau dijadikan bahan dasar kosmetik dan parfum. Ia mengandung antioksidan polifenol yang akan mencegah kulit anda terkena kanker kulit. Ia pun bersifat antiseptic. Bila teh hijau ini anda jadikan masker, gatal-gatal, bengkak, maupun luka goresan atau bekas jerawat di wajah akan hilang. Teh hijau juga melancarkan peredaran darah dan sirkulasi oksigen. Untuk menjadikannya masker, anda bisa menghancurkan daunnya, lalu campurkan dengan sedikit aquadest.

Putih telur mengurangi kadar minyak pada wajah dan mencegah kulit mengendur akibat penuaan. Cara membuat masker ini sangat mudah. Cukup oleskan putih telur pada wajah. Tunggu sekitar lima belas menit sampai kering, dan basuh dengan air hangat.


Kulit Normal

Untuk kulit normal, anda bisa menggunakan masker untuk kulit kering dan berminyak, dan juga beberapa masker dari bahan-bahan alami berikut yang cocok untuk semua jenis kulit yakni stroberi, tomat, dan anggur.

Tomat memiliki warna segar yang juga dapat memberikan efek warna segar pada wajah anda. Ini disebabkan kandungan zat likopen, suatu antioksidan yang memerangi munculnya kerutan dan rona kusam pada kulit.  Ia pun melembapkan dan mengurangi kelebihan minyak pada kulit dan berpartisipasi dalam pembentukan kolagen dalam tubuh kita. Sementara itu, kandungan asam sitratnya dapat membantu mengangkat kotoran dan lemak, sehingga saat anda mengoleskan masker ini pada wajah, tergeruslah kotoran dan lemak tersebut. Proteinnya sendiri berfungsi  mempercepat regenerasi sel kulit sehingga warna kulit anda cerah setiap saat.

Seperti tomat, anggur pun mengandung likopen yang beraksi sebagai pembasmi radikal bebas. Namun bukan dagingnya yang anda jadikan masker, tapi bijinya. Jadi, pisahkan daging anggur dengan bijinya, lalu hancurkan biji-biji anggur tersebut sampai halus. Kentalkan dengan minyak zaitun atau aquadest, dan oleskanlah merata pada wajah anda.

Untuk kecantikan kulit wajah, masker stroberi cukup efektif. Ia mengandung asam salisilat yang berfungsi sebagai eksfoliator kulit mati. Stroberi pun membuat kulit menjadi lembab dan halus berkat kekayaan vitamin A dan C, serat asam folat dan potassium. Anda bisa menghancurkan buah stroberi sampai halus dan kentalkan dengan aquadest atau putih telur sebelum dioleskan ke kulit wajah. Tunggu sekitar lima belas menit hingga masker tersebut kering, dan bersihkanlah dengan air hangat.

 

Ternyata, merawat kesehatan kulit wajah dengan masker alami yang bebas kimia dan pengawet tidak sulit, ya? Lakukanlah perawatan ini secara teratur dan rasakan perubahan yang anda temui pada kulit wajah anda.

sumber : http://muhammadreza.multiply.com/journal/item/68

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: