maii

Pemanfaatan dan Keburukan Social Media

Posted on: 29/09/2011

Social Media (Seperti Blog, Facebook, Twitter, Foursquare, dan sebagainya)  sepertinya istilah tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita-kita, khususnya di telinga anak-anak muda jaman sekarang yang suka online. selain itu social media telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Adapun selain untuk kebutuhan bersosialisasi, berkomunikasi, dan berbaur dengan orang lain  juga bisa digunakan untuk berbisnis.

Kata Social Media menjadi populer ketika Facebook dan Twitter mulai dikenal oleh kalangan pengguna Internet, hal ini yang kemudian membuat Social Media dan Internet menjadi tidak terpisahkan. Tidak heran, jika mendengar kata Social Media maka pikiran orang orang tentu akan langsung tertuju pada Internet – Facebook, Twitter, Blogging dan semua fasilitas fasilitas lainnya.

Social media berbasis pada teknologi internet yang mengubah pola penyebaran informasi dari yang sebelumnya bersifat broadcast media monologue (satu ke banyak audiens) ke social media dialogue (banyak audiens ke banyak audiens). Social media juga mendukung terciptanya demokratisasi informasi dan ilmu pengetahuan, yang mengubah perilaku audiens dari yang sebelumnya pengonsumsi konten beralih ke pemroduksi konten.

Manfaat Social Media
Dengan adanya social media maka sebuah informasi bisa disampaikan dan tersebar dengan cepat. Social media juga bisa menjadi sebuah tempat untuk proses pembelajaran bagi para penggunanya.
selain itu juga  social media bisa menjadi sebuah alat untuk membentuk dan memperkenalkansuatu brand dan juga business brand yang dimiliki kepada orang lain. Para individu dan juga badan-badan bisnis mulai melirik social media sebagai sebuah kesempatan yang murah meriah dan peraktis untuk memperkenalkansuatu barang kepada orang lain. Mereka para individu mulai giat memperkenalkan apa dan siapa diri mereka kepada orang lain baik itu untuk tujuan pertemanan dan juga untuk tujuan yang bersifat profesional, sedangkan mereka para pengusaha juga mulai giat untuk ber-social media guna memperkenalkan dan menawarkan jasa atau produk yang mereka miliki kepada para calon konsumen atau calon pembeli.
Tapi tentu saja tidak adil jika hanya bicara tentang keuntungan dari social media karena bagaikan pedang bermata dua, social media juga memiliki efek samping yang bisa merugikan.
Keburukan Social Media
Twitter, Facebook dan situs-situs social media lainnya bisa dibilang sebagai sebuah tempat di mana setiap orang bebas untuk melakukan apa saja yang dikehendakinya. seringkali para pengguna social media terjebak di dalamnya dan bagi mereka yang kurang pandai untuk menggunakannya malah sering dirugikan olehnya.
Banyak orang salah kaprah dalam menggunakan social media, mereka menganggap social media adalah sebuah tempat di mana mereka bisa mengeluarkan pendapat dan informasi apa saja. Sebagian besar orang menjadikan social media bagaikan sebuah diary atau buku harian pribadi, di mana mereka bebas menuliskan semua permasalahan hidup yang seharusnya tidak boleh diketahui orang lain, hal ini terkadang bisa berakibat fatal bagi diri sendiri karena ada orang tidak bertanggung jawab yang kemudian mengambil keuntungan pribadi dari permasalahan hidup orang lain. selain itu facebook jg dapat menjadi tempat penipuan, penculikan dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: