maii

Indahnya Sebuah Senyuman

Posted on: 09/03/2011

pendahuluan

Kali ini kita menyajikan renungan ini dengan secuil kecil kata indah, “SENYUM”. Bahwa kata kecil itu memiliki kekuatan maha besar dan dahsyat untuk menghalau beban-beban dan masalah-masalah dalam pikiran kita dan juga kalau ada di dalam batin orang lain, senyum kasih akan menghalau semuanya. Oleh karena itu, senyum kasih harus dimiliki oleh setiap orang yang menginginkan hidupnya dan juga orang-orang yang berada di sekitarnya menjadi nyaman dan damai.

Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan arti dari sebuah senyuman yang teramat penting jika kita semua telah mengetahuinya. Banyak yang harus kita tahu dari sebuah perbuatan kecil yang terkadang dianggap remeh bagi sebagian orang tetapi ternyata banyak keajaiban didalamnya karena senyum dapat menunjukan suasana hati dari orang tersebut.

Pengertian Dari Sebuah Senyuman

Senyum, hanya kata itu sepertinya yang membuat orang menjadi lepas dari kepenatan dan kembali menikmati hidupnya lagi. Namun, terkadang banyak orang yang susah sekali tersenyum, bisa karena stress dengan pekerjaan, belum lagi ditambah muka yang kusut, dan penuh emosi. Mungkin Anda dapat mencoba tersenyum setelah libur panjang, dan kemudian bertemu teman-teman di kantor. Alangkah bahagianya bila setiap orang mengalami keadaa seperti ini.

Ada sebuah kejadian ketika seseorang merasa lesu, atau mungkin dalam keadaan stress berat hingga tak mampu menahan emosinya. Namun, seketika ada temannya yang lewat di depannya senyum-senyum sendiri sambil berjalan, tanpa melihat orang itu. Sejenak emosi orang itu berhenti, dan kemudian memperhatikan temannya yang senyum-senyum sendiri. Akhirnya, dia juga bisa ikut tersenyum geli hingga dia dapat bekerja kembali.

Senyum bahagia dapat secara mudah ditularkan kepada siapa saja, namun bukan yang senyum-senyum sendiri tidak jelas, karena bisa disangka gila. Percayakah Anda, bahwa satu senyuman memiliki kekuatan yang luar biasa? Senyuman dapat membuat hidup menjadi lebih indah dan membuat Anda bersyukur karenanya. Senyuman membuat pergi rasa putus asa, kelesuan, dan obat penenang yang ampuh untuk kondisi penuh amarah.

Senyum dibagi menjadi beberapa macam :
Senyum tulus, senyum yang mampu mencairkan hubungan yang kaku, memberi semangat kepada orang yang putus asa, membuat ceria suasana tidak menyenangkan, dan menenangkan hati yang gundah.
Senyum senang, merupakan senyum yang menularkan kebahagiaan kepada siapa saja yang melihatnya. Senyum ini membuat orang tampak ramah, terbuka, dan menarik. Senyum ini juga membuat orang awet muda, cantik, lebih tampan untuk dilihat.
Senyum sinis, senyum ini mampu membuat jarak, bahkan dapat memulai perang dengan teman.

Senyum, merupakan bahasa universal, sehingga ketika Anda datang ke negara lain, jika Anda tersenyum, maka mereka pun akan membalas senyum Anda. Senyuman terlihat hal yang sederhana, namu berdampak luar biasa. Cobalah Anda tersenyum ketika Anda gagal, maka Anda telah memberi warna baru dari kegagalan Anda, dan menjadikan kegagalan tersebut menjadi pengalaman yang sangat berharga. Dengan semakin Anda banyak senyum, dalam arti bukan senyum-senyum sendiri, maka dimana pun Anda berada, akan banyak sahabat dan teman mengelilingi Anda, dan hidup Anda akan lebih berwarna indah.

Manfaat Senyuman

Selain itu ada lagi beberapa manfaat dari sebuah senyuman, yaitu:

1. Senyum membuat Anda lebih menarik.
Orang yg byk tersenyum memiliki daya tarik. Orang yg suka tersenyum membuat perasaan orang disekitarnya nyaman dan senang. Orang yg selalu merengut, cemburut, mengerutkan kening, dan menyeringai membuat orang-orang disekeliling tidak nyaman. Dipastikan orang yg byk tersenyum memiliki byk teman.

2. Senyum mengubah perasaan
Jika Anda sedang sedih, cobalah tersenyum. Senyuman akan membuat perasaan menjadi lebih baik. Menurut penelitian, senyum bisa memperdayai tubuh sehingga perasaan berubah..

3. Senyum menular
Ketika seseorang tersenyum, ia akan membuat suasana menjadi lebih riang. Orang disekitar Anda pasti akan ikut tersenyum dan merasa lebih bahagia

4. Senyum menghilangkan stres
Stres bisa terlihat di wajah. Senyuman bisa menghilangkan mimik lelah, bosan, dan sedih. Ketika anda stres,ambil waktu untuk tersenyum. Senyuman akan mengurangi stres dan membuat pikiran lebih jernih.

5. Senyum meningkatkan imunitas.
Senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik. Fungsi imun tubuh bekerja maksimal saat seseorang merasa rileks. Menurut penelitian, flu dan batuk bisa hilang dengan senyum.

6. Senyum menurunkan tekanan darah
Tidak percaya? Coba Anda mencatat tekanan darah saat anda tidak tersenyum dan catat lagi tekanan darah saat anda tersenyum saat diperiksa. Tekanan darah saat Anda tersenyum pasti lebih rendah.

7. Senyum melepas endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin
Senyum ibarat obat alami. Senyum bisa menghasilkan endorphin,pemati rasa alamiah, dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yg bisa mengendalikan rasa sakit.

8. Senyum membuat awet muda
Senyuman menggerakkan banyak otot . Akibatnya otot wajah terlatih sehingga anda tidak perlu melakukan face lift. Dijamin dengan byk tersenyum Anda akan terlihat lebih awet muda.

9. Senyum membuat Anda kelihatan sukses
Orang yg tersenyum terlihat lebih percaya diri,terkenal, dan bisa diandalkan. Pasang senyum saat rapat atau bertemu dengan klien. Pasti kolega Anda akan melihat Anda lebih baik.

10. Senyum membuat orang berpikir positif.
Coba lakukan ini : pikirkan hal buruk sambil tersenyum. Pasti susah. Penyebabnya, ketika Anda tersenyum,tubuh mengirim sinyal “hidup adalah baik”. Sehingga saat tersenyum, tubuh menerimanya sebagai anugerah.

KESIMPULAN

Senyum, merupakan bahasa universal, sehingga ketika Anda datang ke negara lain, jika Anda tersenyum, maka mereka pun akan membalas senyum Anda. Senyuman terlihat hal yang sederhana, namu berdampak luar biasa. Cobalah Anda tersenyum ketika Anda gagal, maka Anda telah memberi warna baru dari kegagalan Anda, dan menjadikan kegagalan tersebut menjadi pengalaman yang sangat berharga. Dengan semakin Anda banyak senyum, dalam arti bukan senyum-senyum sendiri, maka dimana pun Anda berada, akan banyak sahabat dan teman mengelilingi Anda, dan hidup Anda akan lebih berwarna indah.

sumber:

http://sugizo.wordpress.com/2009/11/29/senyum-bahasa-universal-luar-biasa/

http://www.pitoyo.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=486

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: